15 Januari 2008

BUKU YANG COBA DIBACA


Kita Dusta dari Surga

Aguk Irawan MN

P_Idea, Kelompok Pilar Media (2007)

xx+384

NOVEL berlatar dari kerancauan konsep ‘surga’ yang selama ini ditemukan di kalangan umat islam. Dalam ceritanya seorang tokoh (bernama Farisi) yang membatalkan haknya lolos diterima di surga, karena ia merasakan sesuatu hal yang ganjil, akhirnya memilih balik ke dunia. Baginya dunia adalah hidup yang sesungguhnya. Di surga Farisi merasakan semua menjadi sia-sianya--perjuangannya melawan hawa nafsu selama di bumi--karena di surga hawa nafsulah yang menguasai manusia dan sifatnya kekal.

Penulis Aguk Irawan yang belajar Aqidah Filsafat di Universitas al-Azhar Kairo. Sekarang aktif di LaBBaiik (Lembaga Berbudaya Islam Indonesia dan Kesenian), Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Yogyakarta, Pengurus Pusat Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU (LKKNU) Jakarta.

Buku yang sudah lama saya dengar, pertama kali dari Kangmas Guru. Karena nggak pernah bisa pulang Jogja maka setiap teman yang pergi ke Jogja selalu saya nitip buku ini, hasilnya dengan tangan kosong--mungkin karena mereka-mereka bukan orang atau pernah tinggal di Jogja, jadi nggak tahu dimana mendapatkan buku-buku murah dan langka di Jogja.

Buku yang ringan dalam penceritaan namun kaya filosofis, masih bisa dibaca sambil mendengarkan koleksi musik, untuk menambah keseimbangan hati

Alasan pribadi kenapa saya “lajel salek” memiliki buku ini, karena setting penceritaan yang baru, ditulis oleh anak muda yang tinggal di Jogja. Dan ini penghormatan dan cara saya ikut menjaga atmosfir berkarya di Jogja.


Engineer of Happy Land:

Perkembangan Teknologi dan Nasionalisme di sebuah Koloni

Rudolf Mrazek
Yayasan Obor Indonesia (2006)
xxii+442

Rudof Mrazek adalah Profesor Sejarah di Universitas of Michigan, penulis Bali: The Split Gate to Heaven dan Syahrir: Politics and Exile in Indonesia.

Mrazek dengan jernih analisis-analisinya mampu menyelusuri jejak-jejak kebebasan kolonialisme, nasionalisme, kesusastraan, revolusi, dan kemanusiaan. Dalam bukunya ini, kita akan diajak berkenalan dengan nama baru atau semakin dalam kenalnya beberapa nama yang sudah di Anda kenal, nama-nama berpengaruh dibidangnya seperti; H.F Tilema, seorang seorang apoteker yang juga penulis Kromoblanda (Hindia Belanda), Dr. Jan Willem Ilzerman tukang insinyur yang membangun jalur-jalur kereta di Hindia Blenda, R.A. Kartini wanita Jawa yang modern, Mas Marco seorang linguis dan pemberontak, politisi sayap kiri dan wartawan Belanda Win Wertheim guru besar hukum dipeguruan tinggi di Batavia beserta istrinya Hety penulis tentang kesenian, dan sampai pada surat-surat pribadi Pramoedya Ananta Toer sastrawan revolusi.

Kerana menyelusuri dan menemukan serpihan-serpihan sejarah maka saya membacanya bisa sambil nyruput kentalnya-manisnya kopi biar membantu mengencerkan otak yang beku untuk tetap setia dalam menyelusuri perjalanan ini.

Mengapa saya punya buku ini & coba-coba baca? Ya, siapa tahu suatu saat saya, keluarga, atau teman bisa mendapatkan tambahan pengetahuan baru dari isi bukunya. Dan kalau ada yang berminat boleh pinjam kok!


2 komentar:

- - - - Doris Aminah Nasution - - - - mengatakan...

woah..., iki 'agama'laen (buku-e)dari aku,...
keep on rolling nakmas Genep

yassir

Anonim mengatakan...

Pinjeeeeemmmmm!!!